JAKARTA, Eranasional.com – Sedikitnya 18 terduga teroris ditangkap Densus 88 Antiteror jelang hari raya Natal dan tahun baru.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan saat ini belasan terduga teroris tersebut sedang didalami Densus 88 Antiteror.

“Kami amankan 18 orang dan saat ini sedang dilakukan pendalaman. Diamankan oleh teman-teman Densus 88,” kata Sigit usai meninjau situasi pengamanan pelaksanaan ibadah misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu, 24 Desember 2023.

Sigit menegaskan persoalan yang dinilai bisa mengganggu pelaksanaan dan kelancaran ibadah Natal menjadi perhatian utama Polri. Terutama yang menyangkut keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Oleh karena itu, Polri menindak pihak-pihak yang dinilai bisa mengganggu ibadah Natal.

“Kami tentunya akan melakukan langkah-langkah penindakan,” ucap Jenderal Sigit.

Dia mengakui telah memerintahkan seluruh anggota Polri untuk terus siaga dan melayani masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal dan tahun baru 2024.

“Baik rangkaian ibadah Natal maupun rangkaian kegiatan mudik balik dan tempat-tempat wisata,” tuturnya.

Sementara itu, Juru Bicara Densus 88 Antiteror Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan 18 orang itu semuanya ditangkap bulan Desember 2023.

Para terduga teroris tersebut ditangkap di beberapa daerah yakni Jawa Tengah 12 orang, Banten 3 orang, Jawa Barat 1 orang, Kalimantan Tengah 1 orang, dan Sumatera Utara 1 orang.

Listyo Sigit memaparkan, terduga teroris yang ditangkap di Banten merupakan jaringan Negara Islam Indonesia (NII). Namun, dia tidak menjelaskan jaringan terduga teroris yang diamankan di wilayah lain.

“Mohon waktu ya, semua penyidik masih siaga untuk pengamanan. Nanti akan saya update,” pungkasnya. (*)