Penjelasan kubu Prabowo-Gibran

Sementara itu, Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko menjelaskan maksud dari hilirisasi digital yang dikatakan Gibran saat debat cawapres 22 Desember 2023 lalu.

Dia mengakui bahwa hilirisasi digital merupakan istilah baru dan sangat penting.

Menurut Budiman, narasi hilirisasi digital yang diucapkan Gibran menunjukkan bahwa Koalisi Indonesia Maju ingin membangun ekonomi digital dari hulu ke hilir.

“Saat ini, ekonomi digital Indonesia sudah cukup baik. Namun, membangun ekonomi digital tidak cukup hanya pengembangan aplikasi di bidang transportasi atau retail saja. Dengan tren digital kali ini, hilirisasi digital harus dimanfaatkan untuk banyak sektor lain,” jelas mantan politisi PDIP ini.

Kata Budiman, hilirisasi digital memiliki dua makna. Pertama, mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet dan membangun industri perangkat digital.

“Oleh karena itu, di dalam visi misi dan program tercepat kami, kami sudah memastikan untuk memberikan akses internet dan literasi digital untuk masyarakat Indonesia terutama untuk daerah yang sebelumnya tidak terjangkau,” terangnya.

Menurut Budiman, akses internet dan literasi digital yang merata akan mendorong digitalisasi usaha dan penambahan sumber daya manusia di sektor digital.