Jakarta, ERANASIONAL.COM – Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Disebutkan, ada enam penyakit yang sering muncul di saat musim hujan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Ani Ruspitawati mengatakan, penyakit yang dimaksud yakni diare, demam typhoid hingga leptospiroris. Penyakit tersebut muncul saat terjadi banjir.

“Selain itu dermatitis, tetanus dan ada juga gigitan ular,” kata Ani, Sabtu, 13 Januari 2024.

Ani mengklaim, Dinkes DKI Jakarta telah melakukan beberapa langkah sebagai mitigasi dari kemunculan sejumlah penyakit selama musim hujan di Jakarta.

Ketiga tahapan mitigasi itu yaitu pra-krisis, tanggap darurat, hingga pasca krisis.

“Prakrisis, kami menyiapkan peningkatan sumber daya kesehatan, pengelolaan resiko krisis dan pengurangan resiko,” jelasnya.

Sedangkan untuk tahapan tanggap darurat, Dines DKI Jakarta memaksimalkan respon seluruh kondisi kedaruratan dari warga secara cepat dan tepat.

“Dan memastikan program kesehatan berjalan sesuai standar minimal pelayanan. Ketiga, pasca krisis, ditujukan untuk mengembalikan kondisi sistem kesehatan seperti pada kondisi pra krisis,” terangnya.

Ani mengimbau kepada warga Jakarta untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga imunitas tubuh, juga menjaga kebersihan lingkungan.

“Kemudian melakukan pembersihan pasca banjir, menerapkan 5M dan hubungi petugas kesehatan atau ke Puskesmas terdekat apabila ada keluhan kesehatan yang muncul,” pungkas Ani. (*)