Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membenarkan akun Instagram pribadinya @mohmahfudmd, diretas oleh seseorang.

Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 3 ini menduga pelaku yang meretas akun Instagram pribadinya mungkin hanya sekadar iseng saja.

“Hanya setengah hari. Pelaku sempat mem-posting satu gambar yang tidak ada nilai politis apa-apa. Sepertinya orang sedang iseng saja. Sekarang sudah sepenuhnya di bawah kendali saya,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.

Meski begitu, Mahfud memastikan dirinya tidak akan mengusut untuk mengetahui pelaku peretasan itu.

Mahfud pun memberitahu, peristiwa peretasan terhadap akun instagramnya tidak dijadikan pembahasan khusus di kalangan menteri, apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, peretasan terhadap akun media sosial pejabat sudah banyak terjadi.

“Yang seperti ini sudah banyak. Pemerintah sudah tahu hal seperti ini banyak terjadi sejak dulu. Politisi, tokoh-tokoh figur publik juga banyak yang diretas. Itu biasa orang nakal,” imbuhnya.

Peretasan terhadap akun Instagram pribadi Mahfud MD terjadi pada Selasa, 16 Januari 2024 dari siang hingga sore hari.

Pelaku kemudian menampilkan sebuah video berdurasi 12 detik yang menampilkan kelompok tentara Israel yang sedang bermain sepak bola.

Unggahan tersebut juga disertakan keterangan berbahasa Ibrani yang diterjemahkannya sebagai berikut, “Tuhan di atasku, siapa yang dapat mengontrol saya?”.

Pada akhir video, peretas juga meminta orang yang menontonnya membagikan video tersebut.

Video yang diunggah di akun Instagram Mahfud itu sudah ditonton hingga ratusan ribu warganet. (*)