Masjid Agung Sheikh Zayed Mulai Dibangun di Solo, Perkuat Hubungan RI-UEA

ERANASIONAL.COM – Masjid Agung Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah mulai dibangun pada Sabtu (3/6/2021). Tempat ibadah bagi umat Islam ini merupakan pemberian dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan kepada Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari Detik.com, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pembangunan masjid adalah hadiah Pangeran UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo. Masjid ini menunjukkan kedekatan dan hubungan harmonis Indonesia dan UEA, yang makin intensif dalam dua tahun terakhir.

Masjid ini terletak di Desa Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. Hak kekayaan intelektual atas desain Masjid Agung Sheikh Zayed adalah milik Pangeran Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Masjid tersebut menyerupai Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi yang dikenal sebagai masjid terindah di dunia.

Bangunan Masjid Agung Sheikh Zayed berdiri di atas lahan seluas tiga hektar. Masjid ini dapat menampung hingga 10.000 jamaah, dan waktu pembangunannya sekitar 1,5 tahun. Masjid Agung Sheikh Zayed kemungkinan akan beroperasi pada akhir 2022.

Anggaran untuk pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed telah mencapai $ 20 juta, yang kira-kira setara dengan 300 miliar Rupiah. Seluruh biaya pembangunan masjid ditanggung oleh pemerintah UEA. Masjid Agung Sheikh Zayed juga akan dilengkapi dengan Islamic Center.

Acara groundbreaking Masjid Agung Sheikh Zayed pada Sabtu (6/3/2021), sekaligus menjadi puncak acara Indonesia-Emirates Amazing Week (IEAW) 2021. Acara ini akan berlangsung 1-8 Maret 2021 di Jakarta, Bandung, Solo dan Surabaya.

IEAW 2021 didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Agama. Acara ini juga didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata, BKPM dan BUMN, serta instansi terkait. (red/detik)