“Itu tema-tema yang nanti akan disusun dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang akan dilakukan oleh tim panelis,” jelasnya August Mellaz.

Lanjut August, KPU memastikan, debat kelima ini akan berjalan dengan format yang sama dengan debat sebelumnya. Artinya, ketiga capres akan menjawab pertanyaan yang dibuat panelis secara acak. Kemudian, mereka dapat bertanya langsung kepada capres lainnya dengan pertanyaan yang terkait tema debat.

Ketiga capres juga akan mendapatkan waktu untuk menanggapi pernyataan lawan debatnya.

Waktu Debat

Rencananya, debat akan digelar selama 150 menit, dengan perincian 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk jeda iklan.

Debat akan dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama, capres akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja. Kemudian, segmen kedua dan ketiga, masing-masing capres akan menjawab pertanyaan yang telah disusun oleh tim panelis.

Lalu, pada segmen empat dan lima, capres diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan sesama capres. Dan, pada segmen keenam atau terakhir, capres akan memberikan closing statement atau pernyataan penutup sebagai kesimpulan.

August mengatakan, sempat ada usulan penambahan, khususnya di segmen closing statement yang sebelumnya durasinya dua menit, disamakan dengan penyampaian visi misi menjadi empat menit.

“Usulan itu nanti kami bicarakan di tingkat pimpinan,” jelas August.