Jakarta, ERANASIONAL.COM – PT KAI Commuter alias KCI mengungkapkan alasan membeli tiga rangkaian kereta rel listrik atau KRL baru dari perusahaan asal China CRRC Sifang Co., Ltd.

Sekretaris Perusahaan KCI, Anne Purba, menjelaskan KCI telah berkomunikasi dengan berbagai pihak penyedia beberapa negara produsen sarana KRL. Beberapa produsen tersebut telah mengirimkan proposalnya.

Salah satunya produsen kereta asal Jepang J-TREC. KCI telah menerima proposal J-TREC pada Oktober 2023.

“Pihak produsen ini menyampaikan adanya perubahan rekomendasi teknis dan pembiayaan yang diajukan dari proposal sebelumnya,” ujar Anne dalam keterangan resminya pada Jumat (2/2/2024).

Selain itu, dia menyebut, KCI juga berkomunikasi dengan produsen Korea Selatan Wojin dan Dawonsys, serta prodesen China CRRC Cifang Qingdao yang memproduksi kereta cepat Whoosh.

Setelah menerima proposal dari keempat pihak, pihaknya melakukan rapat. Dari hasil pembahasan proses pengadaan sarana KRL, kata dia, CCRC Sifang dapat memenuhi spesifikasi teknis dan time delivery (ketepatan waktu pengiriman) yang sesuai dengan persyaratan dan harga kompetitif dibandingkan produk lainnya.

Anne menjelaskan, sisi reputasi dan rekam jejak CRRC Sifang juga menjadi pertimbangan. Dia menyebut produsen asal China itu sudah bekerjasama dengan 28 negara di dunia.

Selain itu, CRRC Sifang juga sepakat melakukan transfer knowledge untuk penanganan operasional ke depan. Oleh sebab itu, KCI menandatangani kontrak kerja sama pengadaan sarana KRL baru dengan CRRC Sifang Co.
Sehingga, KCI akan mendatangkan tiga rangkaian sarana KRL dengan Seri KCI-SFC120-V. Anne menjelaskan, sarana KRL seri KCI-SFC120-V juga sudah sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

“Dalam proses pengadaan ini, KAI Commuter melalui tahapan-tahapan dan pembahasan teknis yang panjang, dan mengikuti prinsip-prinsip good corporate governance,” ujar Anne.