Jakarta, ERANASIONAL.COM – Polri mendata ada 100 tahanan Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024. Ratusan narapidana itu dipastikan bisa mencoblos pemilihan presiden dan wakil presiden pada Rabu, 14 Februari 2024.

“Di Rutan Bareskrim ada sekitar 100 tahanan yang punya hak pilih,” kata Kepala Bagian Tahanan dan Barang Bukti (Kabag Tahti) Rorenmin Bareskrim Polri Kombes Gatot Agus Budi Utomo saat dikonfirmasi, Selasa, 13 Februari 2024.

Gatot mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyediakan tempat pemungutan suara (TPS) di Rutan Bareskrim Polri. TPS itu akan melayani 100 tahanan yang hendak menyalurkan hak pilihnya tersebut.

“Sesuai hasil koordinasi dengan KPU kota Jaksel akan disiapkan 1 TPS di Rutan Bareskrim untuk melayani tahanan yang sudah terdaftar dan memiliki hak pilih,” ujar Gatot.

TPS itu sama dengan tempat pemungutan suara lainnya, yakni terdapat petugas yang ditunjuk oleh KPU. Yakni ada tujuh petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan dua pengamanan langsung (Pamsung).