Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurthi Yudhoyono atau AHY dikabarkan masuk kabinet Presiden Joko Widodo. Isunya AHY akan mengisi kursi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Ini tidak terlepas dari posisi Hadi Tjahjanto yang merupakan Menteri ATR/Kepala BPN kabarnya akan mengisi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) yang ditinggalkan Mahfud Md.

Mengutip detik.com, Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus, yang bermitra dengan Kementerian ATR, menilai peluang AHY mengisi kursi yang bakal ditinggal Hadi memang terbuka. Sebab, AHY kini merupakan bagian dari koalisi pendukung pemerintah.

Peluang itu bisa-bisa saja, Demokrat sekarang ini bagian dari pendukung Pak Jokowi,” ujar Guspardi kepada wartawan, Selasa (20/2/2024).

Sementara itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi, yang ditanya soal isu AHY, belum mau bicara banyak. Namun dia juga tak membantah kabar AHY bakal masuk kabinet.”Nanti tunggu saja undangan resminya,” ujar Ketum Projo itu.

Kabarnya Hadi dan AHY bakal dilantik Rabu (21/2/2024) besok. Dalam kalender Jawa, besok merupakan hari Rabu Pon, yang kerap jadi momentum reshuffle kabinet di era Presiden Jokowi.