Jakarta, ERANASIONAL.COM – Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Sidang Isbat setiap tahun untuk menentukan awal puasa yang dimulai pada 1 Ramadan berdasarkan kalender hijriah.

Untuk tahun ini sidang Isbat menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H bakal digelar Kemenag pada Minggu, 10 Maret 2024.

Sidang dilakukan secara daring dan luring (hybrid) di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai kapan pelaksanaan ibadah,” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam keterangannya di laman resmi Kemenag, yang dikutip Eranasional.com, Rabu 21 Februari 2024.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib menyebut Tim Hisab dan Rukyat Kemenag akan dilibatkan dalam Sidang Isbat yang dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Selain itu, perwakilan BMKG dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga dilibatkan dalam sidang.

Nantinya sidang Isbat akan dibagi tiga tahap dan akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Pemaparan ini dimulai pada pukul 17.00 WIB.

“Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di Channel YouTube Bimas Islam,” jelas Adib.

Tahap kedua sidang adalah Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah yang digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Sidang Isbat akan merujuk pada data hisab (informasi) dan hasil rukyatul hilal konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

“Sementara tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag,” kata dia.

Untuk Muhammadiyah, mereka telah terlebih dahulu menetapkan 1 Ramadan 1445 H yang akan jatuh pada 11 Maret 2024.

Muhammadiyah melakukan penetapan berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid. (*)