Jakarta, ERANASIONAL.COM – Presiden Joko Widodo melantik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Sementara, posisi Menteri ATR/Kepala BPN diisi oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Menanggapi pepalmtikan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap kedua menteri dapat bekerja baik dan maksimal.

“Kita harapkan, Menko Polhukam itu kan orang lama dan pernah menjadi Panglima TNI, sebelum jadi Menteri ATR, jadi saya pikir beliau sudah paham betul apa yang harus dikerjakan di dalam rangka menjaga politik dan keamanan supaya tetap kondusif,” ungkap dalam keterangannya, Rabu (21/2/2024).

Sementara itu, pada AHY Ma’ruf menyoroti masih banyaknya pekerjaan rumah di ATR/BPN, ia berharap permasalahan terkait sengketa tanah hingga mafia tanha dapat diselesaikan.

“Untuk Menteri Agraria, memang banyak masalah-masalah agararia yang selama ini dilaksanakan oleh Menteri Agraria yang saat ini menjadi Menko Polhukam. Itu harus diteruskan supaya tidak ada mafia tanah, kemudian juga ada sertifikat ganda, supaya tidak lagi ada sengketa-sengketa ke depannya,” pungkas Wapres Ma’ruf Amin.