Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan bahwa terjadi peningkatan kemiskinan ekstrem di 75 daerah di Indonesia.

“Sekarang ini yang mengalami peningkatan kemiskinan ekstrem itu ada 75 kabupaten/kota,” kata Muhadjir di kompleks Istana Wakil Presiden di Jakarta, Kamis, 22 Februari 2024.

Muhadjir mengungkapkan, kemiskinan ekstrem paling banyak berada di wilayah timur Indonesia.

Dia menduga terjadinya kemiskinan ekstrem di Indonesia timur karena alokasi anggaran bantuan pemerintah dipukul rata dengan daerah lain.

“Indonesia timur paling banyak. Salah satu penyebab ya itu, tapi ini masih hipotesis ya, karena kebijakan penganggaran yang dipukul rata,” ujarnya.

“Sekarang ini masih dipukul rata. Misalnya PKH (Program Keluarga Harapan), dari Sabang sampai Merauke sama. Padahal kita tahu, Merauke, Jawa, sampai Papua itu beda sekali. Ada yang bilang, nilai uang di Papua dengan di Jakarta sangat berbeda,” sambung Muhadjir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), lanjut Muhadjir, menyarankan agar Kemenko PMK menghitung perbedaan daya beli masing-masing daerah. (*)