Jakarta, ERANASIONAL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan sebagian wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim kemarau. Di Februari ini, sebagian wilayah Sumatera sudah memasuki periode kemarau.

“Ada beberapa wilayah yang sudah mulai memasuki periode kemarau seperti bulan Februari itu di Aceh, Riau, Sumatra Utara bagian Timur. Karena di daerah itu memang terjadi dua kali musim hujan dan saat ini sudah masuk musim kemarau yang kedua,” kata Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, Fachri Radjab, dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (25/2/2024).

Meski demikian, Fachri mengatakan transisi musim hujan ke musim kemarau akan terjadi sepenuhnya pada Mei 2024. Selama proses transisi itu, akan terjadi hujan dengan curah rendah di beberapa wilayah. Misalnya, di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menurut Fachri, periode transisi ini patut diperhatikan, khususnya untuk sektor pertanian. Dia mengatakan puncak musim kemarau tahun ini diprediksi terjadi pada Juli hingga Agustus.