Jakarta, ERANASIONAL – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) BMKG telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk mewaspadai cuaca hujan ekstrem hingga 8 Maret 2023.

Khusus wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), peningkatan curah hujan telah terjadi sejak 27 Februari 2024 yang dipengaruhi oleh gelombang rossby ekuatorial di sebelah barat Pulau Jawa, serta peningkatan kecepatan angin di sekitar Kepulauan Bangka Belitung dan Selat Karimata.

Menurut informasi BMKG di akun Instagram @infobmkg, Jumat (1/3/2024), kondisi ini menghasilkan pola perlambatan, pertemuan, dan belokan angin di wilayah barat Jawa.

BMKG terus memantau situasi cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi hingga 8 Maret 2024 yang disebabkan oleh aktivitas madden julian oscillation (MJO) yang saat ini memasuki fase tiga di Samudra Hindia timur, dan diprediksi akan memasuki wilayah Indonesia dari barat ke timur.

Di wilayah Jabodetabek, BMKG menyampaikan dalam sepekan ke depan secara umum akan turun hujan dengan intensitas ringan disertai kilat atau angin kencang.