Jakarta, ERANASIONAL.COM – Polda Metro Jaya melibatkan 2.939 personel gabungan dalam Operasi Keselamatan Jaya 2024 di Jakarta dan sekitarnya. Operasi ini untuk mengurangi kecelakaan dan meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas (kamseltibcarlantas) menjelang Ramadan 2024.

“Melibatkan sebanyak 2.939 personel, yang terdiri dari 2.659 personel Polri, 80 personel TNI, 30 personel Dishub, dan 30 personel Satpol PP,” kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi Ario Seto dalam amanat apel gelar pasukan di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 Maret 2024.

Suyudi mengingatkan seluruh personel yang bertugas mengedepankan persuasif, humanis, dan simpatik dengan sebaik-baiknya, serta penuh rasa tanggung jawab. Aparat diperintahkan tetap menjaga keselamatan diri selama bertugas.
“Tetap waspada dan terapkan buddy system (sinergisitas dengan stakeholder terkait),” ungkap jenderal bintang satu itu.

Dia juga memerintahkan aparat keamanan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai ladang ibadah dan ikhtiar kepada Allah SWT. Dia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada segenap personel jajaran Polda Metro Jaya, TNI, Pemprov DKI Jakarta serta seluruh pihak yang telah mendukung Operasi Keselamatan Jaya 2024.

“Demikian arahan saya semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ungkap dia.

Operasi ini digelar selama 14 hari sejak 4-17 Maret 2024. Operasi ini digelar untuk mengurangi kemacetan dan kecelakaan yang menjadi permasalahan utama dalam berlalu lintas, apalagi jika sampai merenggut nyawa seseorang.

“Salah satu dari penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah karena rendahnya kesadaran dalam berlalu lintas yang dipicu dari pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengemudi atau human error,” ujar Suyudi.