Jakarta, ERANASIONAL.COM – Tak lama lagi umat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia akan menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1445 H/2024.

Tapi tahukah Anda, di awal-awal menjalani ibadah puasa Ramadan bertepatan dengan libur cukup panjang sehingga kita menjalani ibadah bersama keluarga tercinta. Dan tentunya, akan lebih khusyuk beribadah.

Pertanyaannya, kapan awal Ramadhan 2024?

Penting untuk diketahui, bagi umat Muslim di Indonesia bahwa ada perbedaan penentuan awal Ramadhan antara dua organisasi Islam terbesar di negeri ini, yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Sementara, Pemerintah Indonesia sendiri menggunakan metode yang digunakan oleh NU.

Perbedaan ini bisa memunculkan hasil yang berbeda pula terkait awal bulan baru.

Awal Ramadan versi Muhammadiyah

Tanggal 1 Ramadan 1445 H menurut Muhammadiyah bertepatan pada 11 Maret 2024. Ini berarti salat tarawih pertama akan dilaksanakan pada 10 Maret 2024.

Penetapan itu tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

PP Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menetapkan permulaan bulan Hijriah.

Awal Ramadan versi NU

Sementara itu, tanggal 1 Ramadan 1445 Hijriah versi Nahdlatul Ulama (NU) dan Pemerintah Indonesia belum ditetapkan, karena akan lebih dulu dilakukan sidang isbat yang digelar akhir Syaban nanti.

Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah pada 10 Maret 2024.

Berbeda dengan Muhammadiyah, pemerintah dan NU menggunakan metode rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan.

Metode tersebut mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal yang dikonfirmasi lagi lewat pengamatan hilal dengan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Tinggi hilal saat Matahari terbenam menurut kriteria MABIMS minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

Meski demikian, apabila mengacu pada kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kementerian Agama, maka awal Ramadan 2024 versi pemerintah dan NU diperkirakan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Libur panjang awal Ramadan

Merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, awal puasa bukanlah hari libur nasional atau cuti bersama. Tetapi, pada Senin, 11 Maret 2024 kalender Masehi berwarna merah. Artinya, hari libur nasional bertepatan dengan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946. Itu merupakan salah satu dari 17 hari libur nasional sepanjang 2014.

Sedangkan, pada hari Selasa, 12 Maret 2024 merupakan cuti bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Sebelum dua hari tersebut, merupakan hari Sabtu dan Minggu yang merupakan hari libur akhir pekan. (*)