JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berpesan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan setelah mendapat vaksin Covid-19.

Ia mengatakan masyarakat masih berpeluang tertular Covid-19 meski sudah disuntik vaksin.

“Jangan habis disuntik merasa jadi Superman, merasa lebih kuat dari Kapolres atau bapak Brigjen. Kekebalan itu baru optimal 28 hari setelah suntikan kedua. Itu tidak mengubah bapak ibu menjadi Superman,” ujar Budi seperti dilansir Tempo.co, Minggu (14/3/2021).

Meski begitu, kata Budi, orang yang sudah divaksinasi akan memiliki antibodi. Oleh karena itu, jika virusnya sampai, diharapkan bisa mati dalam waktu satu hingga dua hari.

“Karena ada tentaranya di dalam, jadi menularkannya tidak banyak. Namun, bapak ibu tetap masih bisa kena. Mudah-mudahan kalau masuk rumah sakit dirawatnya tidak lama,” tutur Budi.

Ia juga mengingatkan, hingga saat ini belum ada penelitian yang memastikan bahwa orang yang sudah divaksinasi tidak bisa lagi tertular Covid-19. “Masih bisa dipukul, tapi tubuh kita lebih kuat.”

Ia pun mengingatkan masyarakat usai disuntik agar tetap memakai masker saat beraktivitas. Apalagi vaksin baru optimal 28 hari setelah injeksi kedua.

“Setelah disuntik vaksin tetap pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan. Balik lagi, ini membuat kita lebih kuat. Kalau terinfeksi bisa cepat sembuh dan tidak usah masuk rumah sakit. Tapi ini tidak menjadikan kita superman atau manusia setengah dewa,” tutur Budi.
[red]