JAKARTA – Sekarang, perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online. Penyuluhan melalui aplikasi tersebut merupakan upaya Korlantas Polri untuk mendukung program 100 hari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam memberikan pengabdian masyarakat yang inovatif.

“Program 100 hari berikutnya adalah SIM perpanjangan A dan C. Ini nanti cukup diakses dengan aplikasi yang cukup di rumah saja dan bisa diantar sampai di rumah. Perpanjangan ya,” tutur Listyo saat Rakernis Fungsi Lalu Lintas Tahun Anggaran 2021, Rabu 10 Maret 2021.

 Menurut Istiono, peluncuran aplikasi akan dilakukan sekitar 8 atau 11 April 2021.

“Kita bekerja keras untuk wujudkan ini secara cepat di program 100 hari. Mudah-mudahan bisa tercapai 100 persen,” jelas dia soal perpanjangan SIM online Dilansir dari liputan6.com.

Terobosan layanan lainnya adalah ujian tertulis SIM baru yang rencananya juga akan dilakukan secara online dan dirilis pada April 2021. Ini termasuk upaya samsat digital nasional.

“Sebelum lebaran harapan kita sudah bisa diselesaikan. Itu program-program unggulan. Masyarakat bisa lihat layanan Polri yang lebih baik,” Istiono menandaskan. [*]