Jakarta, ERANASIONAL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil Pemilu, pada Rabu 20 Maret 2024.

Polisi pun sudah sangat siap mengamankan terkait pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut nantinya akan diterjunkan ribuan personel Polri disiagakan.

“Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel kepolisian. Serta gabungan dengan stakeholder dan juga terdiri Satgaspus atau Pusat Mabes Polri dan juga Satgas Daerah yaitu Polda Metro Jaya,” kata Brigjen Trunoyudo dalam keterangannya, Senin, 18 Maret 2024.

Kata dia, ribuan personel kepolisian tersebut diterjunkan di sejumlah titik, diantaranya di sekitar kantor KPU dan Bawaslu.

Sementara terkait prediksi ketegangan yang mungkin akan terjadi saat aksi demo, ia berujar sejauh ini terpantau masih aman dan terkendali.

Lebih lanjut Brigjen Trunoyudo mengatakan situasi damai tersebut tak lepas dari kerja sama seluruh elemen masyarakat

“Tentunya eskalasi tadi sudah disampaikan situasi alhamdulillah situasi aman terkendali, damai dan sejuk tentunya ini juga berkat seluruh elemen masyarakat bergandengan tangan bagaimana membuat suasana ini dan juga momentum bulan Ramadan bulan berkah,” jelasnya.

Adapun KPU RI memastikan akan langsung menetapkan hasil Pemilu 2024 usai rekapitulasi suara dari 38 provinsi tingkat nasional selelesai dilakukan.

KPU RI memastikan akan langsung menetapkan hasil Pemilu 2024 usai rekapitulasi suara dari 38 provinsi tingkat nasional selelesai dilakukan. Estimasinya pada Rabu 20 Maret 2024. (*)