Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengaku “diteror” warganet Indonesia yang mengeluhkan harga tiket mahal menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024.

“Keluhan yang kami terima di media sosial Kemenparekraf itu isinya hanya tiket. Jadi kalau kita lihat, tuh, harga tiket ini yang paling mendominasi masukan dari netizen,” kata Sandi usai Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (18/3/2024).

“Tapi itu memang kewenangannya pada Kemenhub (Kementerian Perhubungan). Kami akan terus berkoordinasi,” lanjutnya.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia melalui Online Travel Agent (OTA), harga tiket pesawat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada April mendatang memang melambung tinggi. Sebagai contoh, harga tiket pesawat rute Jakarta-Padang pada 1-11 April 2023 tergolong mahal, yakni Rp1,6 juta hingga Rp5,2 juta dari harga normal sekitar Rp1,1 hingga Rp1,2 juta.

Bahkan, penerbangan langsung (direct) Jakarta-Padang pada 5 April 2024 dibanderol seharga Rp3,04 juta dengan maskapai Super Air Jet. Sementara itu pada 7 April 2024, rute Jakarta-Padang dibanderol seharga Rp5,2 juta dengan satu kali transit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kenaikan harga tiket yang meroket ini pun membuat para warganet “berteriak”. Sebagian besar warganet mengeluh melalui media sosial X (sebelumnya Twitter).

“TIKET PESAWAT MAHAL BANGET GA KUAT,” tulis salah satu warganet X, dikutip Senin (18/3/2024).

“JELANG LEBARAN TIKET PESAWAT MAHAL BANGET. YANG BENER AJA KALO NAIKIN HARGA,” tulis warganet lainnya sambil menyisipkan emoji menangis.