Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkomitmen terus mendukung percepatan pengembangan Program Strategis Nasional (PSN).

AHY menjelaskan bahwa dukungan Kementerian ATR/BPN di antaranya dari pengadaan tanah yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan PSN.

“Prinsipnya adalah bagaimana kita ingin pembangunan PSN ini berjalan dengan lancar, progresif, lebih cepat, lebih bagus,” kata AHY dalam keterangannya, Selasa, 19 Maret 2024.

AHY memastikan pengadaan tanah untuk lokasi PSN tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Kata dia, tanah yang akan digunakan harus berstatus clean and clear.

Untuk memastikan hal tersebut, lanjut dia, diperlukan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait dengan memperhatikan aturan yang berlaku.

“Kita tahu bahwa di berbagai lokasi yang selama ini juga kita sering hadapi. Ada masyarakat yang masih ada di lokasi tersebut, sedang berada atau tinggal, termasuk juga punya kehidupan, bekerja, bertani, berkebun, di lokasi-lokasi yang dijadikan lokasi PSN,”kata AHY.

“Oleh karena itu, kami juga harus meyakinkan terlebih dahulu sebelum bisa mengeluarkan sertipikat apa pun, statusnya harus jelas dulu,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Pemanggilan bawahannya itu untuk membahas Program Strategis Nasional (PSN) yang akan selesai pada 2024.