Jakarta, ERANASIONAL.COM – Calon presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menanggapi sikap Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang memberikan selamat kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Kata Ganjar, setiap partai politik punya hak masing-masing untuk memutuskan sikapnya terkait hasil Pilpres.

“Soal partai lain mereka punya sikap sendiri-sendiri, ya kami sangat menghormati. Maka selain itu, kami akan berkomunikasi lagi kepada beliau-beliau, rasanya fatsun politik itu harus dilakukan,” kata Ganjar kepada wartawan di Jakarta, Kamis 21 Maret 2024.

Ganjar menegaskan sikap partainya berpegang teguh untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Sebab, dirinya dan tim pemenangan menemukan banyak dugaan kecurangan dan pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

“Kami akan ke MK, untuk mengungkap apa yang dari awal sampai dengan akhir yang sudah diceritakan itu sehingga betul-betul tadi Pak Mahfud juga sudah sampaikan bagaimana mengawal demokrasi ini bisa berjalan karena hanya ini yang bisa mengadili apa yang ada, sehingga harapan kita hasil itu pasti sebelumnya ada proses maka inilah yang harus dibuka semuanya,” kata Ganjar.

Sebagai informasih, Surya Paloh menyatakan bahwa pihaknya menerima hasil Pemilu 2024.

Dia pun langsung memberikan ucapan selamat kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Saya dengan ini menyampaikan ucapan selamat kepada semua partai politik yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024, dan kepada ketiga pasangan calon yang terlibat dalam kontestasi pemilihan presiden,”kata Surya Paloh.

“Kami dari Partai NasDem memberikan ucapan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024,” pungkasnya. []