Jakarta, ERANASIONAL.COM – Angkasa Pura II (AP2) selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten memprediksi puncak arus mudik Lebaran terjadi pada 5-6 April 2024. Sedangkan arus balik terjadi H+4.

Executive General Manager of Soekarno-Hatta International Airport, Dwi Ananda Wicaksana, mengatakan bahwa prediksi arus puncak mudik lebaran tersebut berdasarkan rapat koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kami memprediksi puncak arus mudik pada tanggal 5 dan 6 April 2024 di Bandara Soetta dengan jumlah penumpang sekitar 188.700 orang,” kata Dwi di area Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (21/3/2024).

Sedangkan arus balik diperkirakan akan terjadi di H+4 Lebaran atau hari raya Idulfitri. Untuk pergerakan penumpang kurang lebih akan mencapai 190.000 orang.

“Untuk pesawat tadi di hari yang sama kalau untuk trafik tertingginya kurang arus mudik kurang lebih akan terjadi 1.200 flight (penerbangan) dan arus balik kurang lebih ada 1.117 flight,” ungkapnya.

Dwi juga menyatakan sudah ada beberapa maskapai yang mengajukan penambahan jam penerbangan di momen angkutan Lebaran 2024.

“Kita sudah menerima pengajuan 14 penerbangan untuk internasional kemudian domestik ada 42 flight,” sebutnya.

Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mulai mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menyambut momen angkutan mudik Lebaran termasuk akan menambah petugas.

“Dari sisi fasilitas dan petugas kita lakukan penebalan khususnya untuk layanan servis. Kemudian keamanan kita tambah dengan TNI untuk menghadapi jumlah penumpang yang meningkat,” jelas Dwi.