Tangerang, ERANASIONAL.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah 2.000 penerbangan atau extra flight pada maskapai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, selama periode mudik Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada para operator bila sekarang sudah ada tambahan penerbangan (extra flight) sebanyak 2.000 penerbangan. Kita tetap memberikan kepada operator untuk memberikan kesempatan menambah jumlah flight,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Tangerang, dikutip Sabtu (30/3/2024).

Menurut dia, dengan rutinitas dan produktivitas rotasi penerbangan tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak Angkasa Pura (AP) dan AirNav untuk menyediakan ruang waktu di bandara yang lebih dari jumlah yang sebelumnya.

“Bisa sampai pukul 08.00 atau pukul 12.00 WIB dan juga kepada bandara-bandara yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan akan melakukan demikian. AP dari Airnav mempekerjakan atau menyediakan availabilitas,” ucap dia.

Kemenhub memprediksi adanya kenaikan jumlah pemudik di momen Lebaran tahun ini mencapai 193 juta penumpang. Bahkan, kata Budi, kenaikannya bisa mencapai 50 persen apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Dari kenaikan 50 persen tersebut, ada sekitar 193 juta pemudik pada tahun ini. Meningkat pesat dari jumlah pemudik tahun lalu yang berjumlah 120 juta,” tutur dia.