Jakarta, ERANASIONAL.COM – Sejumlah anggota Komisi V DPR berharap Basuki Hadimuljono menjabat kembali menjadi menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) pada kabinet presiden berikutnya.

Dalam rapat kerja bersama Menteri PUPR di Jakarta, Senin (1/4/2204) dikutip Antara, Ketua Komisi V DPR Lasarus, mengatakan Basuki pantas kembali menjabat menteri karena sudah paham terkait tugas Kementerian PUPR.

“Mudah-mudahan Pak Basuki masih berkenan menjadi menteri kalau Partai Gerindra mau melamarnya. Dengan senang hati kami di sini (Komisi V) dengan Pak Bas (Basuki) karena Pak Bas sudah paham,” kata anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR ini.

Harapan serupa juga disampaikan anggota Fraksi Partai Demokrat Irwan. Dia mengapresiasi kinerja Basuki dalam 10 tahun ke belakang, termasuk dalam menyelesaikan 13 proyek strategis nasional (PSN) pada 2023. “Saya doakan Pak Basuki juga bisa terus berkontribusi membangun bangsa ini dengan masuk Kabinet Indonesia Maju berikutnya,” ucap Irwan.

Dalam rapat tersebut, Basuki melaporkan kementeriannya telah menyelesaikan 13 PSN selama 2023 untuk memperkuat infrastruktur nasional.

Sebanyak 13 PSN telah selesai, yaitu enam proyek bendungan, empat proyek jalan tol, satu proyek sistem penyediaan air minum (SPAM), satu proyek rumah susun (rusun), dan satu proyek bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS).