Jakarta, ERANASIONAL.COM – Para pemudik sebaiknya memperhatikan konsumsi cairan selama perjalanan mudik, agar kondisi tubuh tetap sehat dan prima sampai di lokasi tujuan.

Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Permata Dalima Serpong mengingatkan, banyaknya polusi dan zat-zat berbahaya selama perjalanan mudik membuat masyarakat untuk tetap menjaga kebutuhan cairan pada tubuhnya.

“Di jalan banyak polusi dan berbagai zat beracun. Kalau kurang cairan dan itu masuk ke dalam tubuh, nanti jadi susah mengurai (kandungan dalam) polusi tersebut,” katanya dikutip dari Antara.

Surya menuturkan, selama berada di perjalanan tubuh manusia rentan terkena berbagai bentuk polusi, seperti polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor.

Apabila kebutuhan cairan dalam tubuh kurang, maka dikhawatirkan berbagai zat berbahaya yang bertebaran di jalan masuk ke dalam tubuh dan menurunkan imunitas Pemudik.

Ia menyarankan supaya masyarakat yang pergi mudik untuk membawa air putih sebagai salah satu bekal yang dipersiapkan selama di perjalanan, serta memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat.

Selain itu, disarankan untuk menghindari minuman-minuman yang rasanya manis atau mengandung soda. Dengan memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, ia mengatakan tubuh juga tidak akan terkena dehidrasi.

“Kita bisa bekal buah-buahan yang kaya air juga, misalnya semangka atau pir, itu bagus,” pungkasnya.