Jakarta, ERANASIONAL.COM – Teh adalah minuman yang banyak digemari oleh kalangan mana saja, dan dari asal berbagai negara. Aroma dan rasanya menjadi pusat ketertarikannya.

Minum teh dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Akan tetapi pada umumnya teh dikonsumsi sebelum memulai aktivitas di pagi hari bagi kebiasaan sebagian orang.

Berikut 6 manfaat minum teh hangat setiap pagi:

1. Meningkatkan Fokus dan Fungsi Kognitif

Dikutip dari Eat This bilamana mengonsumsi teh, khususnya teh hijau bisa membantu meningkatkan kewaspadaan dan fungsi kognitif.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, mengonsumsi teh hitam dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melindungi dari risiko kanker kulit. Teh hitam dianjurkan ketimbang es teh agar manfaat kesehatan yang dirasakan semakin lebih besar.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Teh hitam atau teh hijau dapat mengatasi faktor-faktor risiko penyakit jantung. Pakar diet Amy Goodson mengungkapkan teh memiliki khasiat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Kedua hal ini memang paling memicu terjadinya penyakit jantung.

4. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Konsumsi teh hitam tanpa menambahkan gula dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu teh hitam juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproses gula darah.

Khasiat ini juga bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 jika mengonsumsi teh hitam setelah makan.

5. Menurunkan Berat Badan

Teh disebut minuman tak mengandung kalori. Kandungannya dapat menghambat penyerapan lemak dan membantu membakar lebih banyak lemak saat berolahraga. Minuman ini sangat cocok bagi yang sedang menjalankan diet.

Perlu diingat untuk tidak menambahkan gula atau susu ke dalam teh secara berlebihan karena justru akan menimbulkan efek yang tak maksimal dalam tubuh apalagi saat diet.

6. Melawan Efek Radikal Bebas

Beragam jenis teh hijau, teh hitam yang mengandung antioksidan tinggi sangat bermanfaat bagi tubuh untuk melawan efek radikal bebas.

Maka dari kandungan inilah yang mampu melawan efek radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan.