Jakarta, ERANASIONAL.COM – Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti meminta atasan dari empat polisi yang ditangkap karena pakai narkoba bareng di Depok juga diperiksa. Dia dianggap lalai mengawasi anggotanya sehingga menyalahgunakan narkoba.

“Atasan langsung para pelaku, yang seharusnya mengawasi mereka, juga harus diperiksa karena jika anggota diduga melakukan pelanggaran dan tindak pidana maka atasan langsung juga harus bertanggung jawab,” kata Poengky di kutip dari Antara, Selasa (23/4/2024).

Jumat pekan lalu, Tim Buser Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Depok menggerebek lima anggota polisi yang diduga pesta sabu di sebuah rumah di Cimanggis Depok. Dari 5 polisi yang sedang berkumpul itu, hanya empat yang positif mengonsumsi narkoba, yaitu mereka yang bertugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Satu polisi lagi adalah anggota Polres Jakarta Timur, yang telah dilepas karena tidak terbukti ikut memakai narkoba.

Poengky menduga atasan dari empat polisi yang nyabu tersebut tidak menjalankan pengawasan melekat (waskat) sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 2 Tahun 2022 tentang pengawasan melekat di lingkungan Polri.

Waskat dilakukan dalam rangka mencegah penyimpangan perilaku pegawai negeri pada institusi Polri, yang diperlukan pengendalian dari atas terhadap tindakan dan kegiatan bawahan dalam bentuk pengawasan melekat.

“Atasannya telah gagal mengawasi anggotanya,” kata Poengky.