Jakarta, ERANASIONAL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengumumkan pemenang Pemilu, Rabu 24 April 2024.

KPU sudah layangkan undangan kepada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu (24/4/2024).

KPU akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa Pilpres 2024.

“Kita belum dapat konfirmasi yang jelas kita undang semua baik paslon 1 2 3. Yang jelas kami undang,” kata Anggota KPU RI August Mellaz di KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa 23 April 2024.

Namun, ia tak bisa memastikan apakah Anies dan Ganjar akan menghadiri kegiatan tersebut atau tidak.

“Yang jelas kita undang,” ujarnya.

Pengumuman pemenang Pemilu akan dilaksanakan pada Rabu 24 April 2024 pada pukul 10.00 WIB.

“Kalau durasi waktunya itu tidak terlalu ketat, yang jelas ada prosedur-prosedur yang kami lakukan. Besok itu pembacaan penetapan itu, mulai pukul 10.00 WIB,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo dan Gibran akan menghadiri penetapan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu 24 April 2024.

Hal itu dikatakan oleh Juru bicara (jubir) Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak di Jakarta, Senin 22 April 2024.

“Iya pak Prabowo akan datang langsung, diundang oleh KPU untuk menerima keputusan resmi terkait penetapan beliau sebagai presiden terpilih. Iya pasti, pasti hadir bersama Gibran,” kata Dahnil.

Dahnil menyebut, Prabowo akan menyampaikan pernyataan resmi terkait putusan sengketa Pilpres 2024 pada Rabu nanti.

“Yang jelas, Pak Prabowo baru menyampaikan statement resmi di hari Rabu,” ujarnya. []