Jakarta, ERANASIONAL.COM – Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto mengucapkan selamat Hari Buruh yang jatuh pada hari ini, Rabu (1/5/2024).

Ketua Umum Partai Gerindra mendoakan agar seluruh pekerja termasuk buruh dapat semakin maju, bersatu dan sejahtera.

“Semoga seluruh pekerja di Indonesia dan keluarga besar buruh semakin maju, semakin sejahtera, semakin kompak bersatu untuk bersama-sama berjuang menuju Indonesia Emas,” ujar Prabowo dalam keterangannya, Rabu (1/5/2024).

Prabowo mengajak seluruh rakyat termasuk buruh untuk turut serta membangun masa depan gemilang dengan mewujudkan Indonesia emas.

“Mari kita bangun masa depan yang lebih baik untuk seluruh warga negara Indonesia, semua pekerja, semua buruh dan keluarganya agar anak-anak dan cucu-cucu kita mengalami Indonesia emas yang lebih hebat lagi,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, aksi unjuk rasa akan dilakukan sejumlah serikat buruh yang bakal digelar di sekitar kawasan Istana Presiden, Jakarta Pusat untuk menyuarakan kegelisahan mereka di Hari Buruh, yang jatuh tepat hari ini, Rabu (1/5/2024).

Presiden Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (DPP ASPEK Indonesia) Mirah Sumirat mengatakan ada sederet tuntutan dari buruh yaitu pertama berupa penolakan Omnibus Law, Undang-undang Cipta Kerja Nomor 6 Tahun 2023. Menurutnya, Undang Undang Cipta Kerja telah membuat pekerja Indonesia semakin miskin.

“Karena telah menghilangkan jaminan kepastian kerja, jaminan kepastian upah, dan juga jaminan sosial,” ujarnya dalam keterangan rilis, Rabu (1/5/2024).

Mirah Sumirat mengungkapkan dampak buruk penerapan UU Cipta Kerja, antara lain soal penetapan upah minimum yang tidak lagi melibatkan unsur tripartit dan kenaikannya tidak memenuhi unsur kelayakan.