Jakarta, ERANASIONAL. COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus demam berdarah dengue (DBD) kembali melonjak di berbagai daerah Indonesia. Berdasarkan data rekapitulasi terbaru hingga minggu ke-17 tahun ini, angka kematian akibat DBD meningkat hingga tiga kali lipat lebih tinggi dari tahun lalu.

“Jumlah kasus DBD sebanyak 88.593 dengan kasus kematian DBD sebanyak 621 kematian. Sementara pada periode yang sama di minggu 17 tahun 2023, jumlah kasus DBD sebanyak 28.579 kasus dengan kematian sebanyak 209 kematian,” ujar Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan yang diterima Media Indonesia pada Kamis, 2 Mei 2024.

Lebih lanjut, Nadia memaparkan Provinsi Jawa Barat menjadi wilayah paling banyak terkena kasus dan kematian DBD. Dijelaskan bahwa kota Bandung menjadi wilayah tertinggi angka kasus DBD di Indonesia, sementara kabupaten Bandung menjadi wilayah tertinggi angka kasus kematian akibat DBD.

“Kota Bandung 3.468 kasus dan Kabupaten Bandung 29 kematian,” kata Nadia.

Untuk data kasus di daerah lainnya, terbanyak kedua ada di Kabupaten Tangerang dengan total 2.540. Kemudian diikuti wilayah Bogor yang menjadi tertinggi ketiga dengan total 1.944 kasus.

Selanjutnya, tertinggi keempat berada di Kota Kendari dengan jumlah kasus 1.659. Terakhir, Kabupaten Bandung Barat, 1.576 kasus

Sementara itu, dari angka kematian tertinggi kedua berada di Kabupaten Jepara dengan total 21 orang. Selanjutnya, Kabupaten Bekasi 19 kematian.

“Kabupaten Subang 18 kematian dan kelima Kabupaten Kendal 17 kematian,” ungkapnya