Jakarta, ERANASIONAL.COM – Suhu di Makkah diprediksi bisa mencapai 50 derajat celcius saat puncak musim haji. Calon jemaah haji Indonesia diimbau untuk bisa tetap menjaga kesehatan selama beribadah haji.

Hal itu disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat mengecek kesiapan hotel, bus, dan dapur katering haji Indonesia.

“Cuaca sangat panas. Hari ini, 40 derajat. Ini belum puncak. Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat,” Yaqut di Makkah, Selasa (7/5/2024).

Yaqut mengimbau jemaah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya.Dia kembali mengingatkan bahwa haji merupakan ibadah fisik. Jemaah diimbau untuk cukup istirahat jelang keberangkatan ke Arab Saudi.

“Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina,” pesan Gus Men, panggilan akrabnya.

“Kemenag sudah menyiapkan para petugas dengan Kemenkes yang akan terus melayani jemaah 24 jam. Jemaah jangan ragu menyampaikan hal apa pun kepada para petugas untuk bisa membantu jemaah,” sambungnya.

Tips bagi jemaah untuk menjaga kesehatan sebelum berangkat ke tanah suci:

1. Rata-rata penyakit yang diderita jemaah adalah penyakit yang sudah membutuhkan perawatan. Untuk itu, dianjurkan agar jemaah menstabilkan kesehatannya dengan rutin meminum obat

2. Rutin berolahraga ringan, minimal 30 menit setiap harinya, namun hindari kelelahan

3. Memastikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, seperti menghindari makanan dan minuman manis dan asin secara berlebihan

4. Membiasakan aktivitas-aktivitas yang biasanya dilakukan dengan kendaraan, digantikan dengan jalan kaki atau naik sepeda

5. Tidak terlalu memforsir diri dengan kegiatan yang menyebabkan kelelahan sebelum keberangkatan

6. Usahakan, seminggu sampai tiga hari sebelum keberangkatan harus istirahat