Jakarta, ERANASIONAL.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bergerak cepat menggenjot angkutan pariwisata yang aman. Hal itu merespons kecelakaan bus yang mengangkut pelajar SMK di Subang, Jawa Barat.

“Ada beberapa langkah yang akan dilakukan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung NTMC Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (15/4/2024).

Keputusan itu merupakan hasil rapat Budi bersama Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Aan Suhanan. Mereka juga mengundang pengamat, pakar, hingga akademisi di bidang terkait untuk mendengar pendapat dan merumuskan solusi.

Langkah pertama, yakni menetapkan enam wilayah sebagai pilot project. Wilayah itu ialah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Utara.

“Untuk pendataan dan evaluasi bahkan memberi teknik atau cara melakukan pengecekan atau ramp check,” papar dia.

Budi menyebut upaya itu bakal menggandeng berbagai pihak. Mulai dari Korlantas Polri, dinas perhubungan, hingga organisasi angkutan darat (organda).

“Kemudian untuk jangka pendeknya adalah membangun rasa jera dengan melakukan law enforcement dengan pasal-pasal,” ujar dia.