Jakarta, ERANASIONAL.COM – DPP PDI Perjuangan mengendus adanya dugaan Presiden Jokowi akan cawe-cawe di Pilkada Serentak 2024.

Hal itu diucapkan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di Jakarta, Kamis 16 Mei 2024.

“Kita bukan hanya mencium cawe-cawe, tapi melihat dengan jelas cawe-cawe itu gamblang banget, kelihatan banget gitu lho,” kata Djarot.

Djarot menyebut, distribusi Bansos yang mungkin akan berlanjut hingga Desember 2024, termasuk penyalahgunaan kekuasaan.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuat aturan untuk mencegah penyalahgunaan pembagian Bansos.

Djarot mengatakan apa yang terjadi pada pelaksanaan Pilpres 2024, terkait dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh Presiden Jokowi tidak terulang kembali pada Pilkada Serentak 2024.

“Kita minta betul penyelenggara Pemilu, ini benar-benar mengawasi. Termasuk media, termasuk anak-anak muda. Apalagi tadi Bansos akan diperpanjang sampai bulan Desember,” tegas Djarot.

Dia mengaku pihaknya akan membahas indikasi penyalahgunaan kekuasaan di Pilkada 2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP pada 24-26 Mei mendatang.

“Inilah yang akan diumbar dalam bahasan kita nanti di Rakernas, bagaimana supaya kita bisa mengawasi dan mengawal Pilkada 2024,” tegas Djarot. []