Iran, ERANASIONAL.COM – Presiden Iran Ebrahim Raisi tewas usai helikopter yang ditumpanginya jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, Utara Iran, pada Minggu 18 Mei 2024 waktu setempat.

Selain Raisi, helikopter itu juga membawa Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur Malek Rahmati, imam salat Jumat Tabriz Imam Mohammad Ali Alehashem, seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan, dan pengawal lainnya.

Mengutip stasiun TV pemerintah Iran dan beberapa kantor berita semi-pemerintah seperti Tasnim dan Mehr News Agency mengumumkan Raisi dan delapan orang lainnya tidak ada yang selamat.

“Presiden Raisi, menteri luar negeri dan seluruh penumpang helikopter tewas dalam kecelakaan itu,” kata seorang pejabat senior Iran.

Dia meminta untuk tidak disebutkan nama korban yang tewas karena sensitifnya masalah tersebut.

Hingga saat ini stasiun televisi pemerintah Iran belum menjabarkan detail soal penyebab helikopter Raisi jatuh.

Namun, insiden terjadi kala cuaca di wilayah perbatasan dengan Azerbaijan itu buruk lantaran diselimuti kabut yang sangat tebal.

Selain itu, faktor lokasi kecelakaan yang jauh di pedalaman hutan bukit dekat pegunungan juga membuat proses pencarian molor hingga membutuhkan waktu lebih dari 13 jam.

Aparat hanya bisa mengandalkan pencarian lewat darat. Sementara itu, pencarian lewat udara sempat dilakukan bahkan dengan bantuan drone Turki.

Namun, pencarian dari udara dihentikan karena kabut yang semakin tebal.