Jakarta, ERANASIONAL.COM – Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Partai NasDem, Joice Triatman menyebut bantuan sosial yang dibagikan oleh organisasi sayap partai tersebut, Garnita, yang menggunakan dana dari Kementerian Pertanian (Kementan) tidak lepas dari sepengetahuan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Hal tersebut terungkap saat Penasihat Hukum eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Djamaludin Koedoeboen mempertanyakan apakah pembagian bantuan sosial berupa sembako tersebut diketahui sumber dana nya oleh ketua partai tersebut, di ruang sidang Pengadilan Negeri Tipikor, Rabu (29/5/2024).

“Terkait dengan laporan [bantuan sosial] kepada Pak Surya Paloh, itu di forum resmi atau tidak?” tanya Djamaludin.

Joice mengatakan bahwa ia melaporkan kepada Surya Paloh secara tatap muka, yang padahal partai tersebut selalu melaporkan setiap kegiatan partai di sosial media, maupun website partai tersebut.

Lanjutnya, tanya Djamaludin, “Saudara menyebutkan bahwa terkait hewan kurban, dan sembako, dengan telur, itu ada bantuan dari Kementan, menyebut itu atau tidak?”

“Kepada Surya Paloh? iya,” jawab Joice.

Sebelumnya, pada persidangan Senin lalu (27/5/2024) terungkap bahwa terdapat bantuan sosial berupa sembako, telur, dan sapi untuk kurban yang dibagikan oleh sayap Partai NasDem, Garnita, di sejumlah provinsi.

Pembagian Sembako dibagikan sebanyak 200 paket sembako per provinsi di 34 provinsi, sedangkan pembagian telur, organisasi sayap partai tersebut membagikan sebanyak 1 ton telur untuk setiap provinsi di sejumlah provinsi di Indonesia.

“Saya katakan bahwa sesuai dengan perintah Pak Menteri dan atas persetujuan beliau, tolong disiapkan sesuai dengan permintaan,” ucap Joice.

“Berapa butir telur?” tanya Ketua Majelis Hakim, Rianto Adam Pontoh.

“Rata-rata seingat saya setiap provinsi per acara 1 ton,” jawab Joice.

Selanjutnya, pembagian sapi kurban yang diberikan oleh Partai NasDem melalui organisasi sayap partai tersebut, dibagikan sebanyak 1 sapi kurban ditiap provinsi di Indonesia.

“Untuk ke Provinsi, mirip mekanisme sembako yang mulia, seingat saya satu provinsi satu [ekor]” kata Joice.