Jakarta, ERANASIONAL.COM – Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membuka peluang usung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Hasto menyebut partainya akan mempertimbangkan setiap nama yang diusulkan oleh akar rumput, tak terkecuali Anies.

“Ya semua nama yang diusulkan, karena kami ini adalah partai demokrasi khas Indonesia dengan demokrasi Pancasila, seluruh usulan selama itu dari bawah,” kata Hasto di Ende, Nusa Tenggara Timur, Sabtu 1 Mei 2024.

Ia menyebut PDIP akan mengkaji dengan seksama sosok terbaik untuk gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta beserta daerah-daerah lainnya.

PDIP juga tengah menyiapkan kader-kader terbaik untuk dicalonkan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Partai melakukan pemetaan politik, tapi bagi putera-puteri bangsa yang terpanggil tugasnya untuk membawa kemajuan di seluruh wilayah Indonesia, PDI Perjuangan membuka diri dan partai akan mempersiapkan melalui sekolah partai,” jelasnya, dikutip dari Kompas.com.

Sementara Anies mengatakan sedang mempertimbangkan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

“Sekarang saya memang dalam fase menakar, mempertimbangkan. Sudah ada undangan dari partai politik,” kata Anies Minggu, 19 Mei 2024 lalu.

Kata dia, sudah banyak partai yang menawarinya. Dan bahkan banyak juga masyarakat yang mengharapkannya maju dii pilkada.

“Kemudian masyarakat juga, bisa dibilang seminggu bisa tiga empat kali di rumah itu berdatangan berbagai kelompok yang mengundang untuk saya kembali ke Jakarta,” pungkasnya. []