Jakarta, ERANASIONAL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan tugas baru untuk Bambang Susantono yang mundur dari jabatan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dikutip dari Kompas TV, Senin 3 Juni 2024.

“Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden, untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN,” ucap Pratikno.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menerima surat pengunduran diri Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

“Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono dari Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara,” ucap Pratikno.

Kemudian Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat untuk Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

“Pada hari ini telah terbit Keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan juga Bapak Dhony Rahajoe sebagai wakil Kepala Otorita IKN disertai ucapan terima kasih atas pengabdian beliau-beliau,” ucap Pratikno.

Pratikno menambahkan, Presiden Jokowi kemudian mengangkat Basuki Hadimuljono sebagai pelaksana tugas Kepala Otorita IKN dan juga Raja Juli Antoni sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

“Pak Menteri PUPR dan Pak Wamen ATR dipanggil oleh Presiden agar dengan status sebagai Plt ini menjamin percepatan Pembangunan IKN dengan aebaik-baiknya, dengan visi semula yaitu dengan tetap konsisten pada rencana nusa rimba raya dan tentu saja juga memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar juga,”katanya. []