Makassar, ERANASIONAL.COM – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo menerima dua gelar kehormatan dari Kerajaan Gowa dan Dewan Adat Saoraja Bone usai membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 5 Juni 2024.

Kapolri mendapatkan gelar kehormatan dari Raja Gowa XXXVIII, Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang Sultan Malikusaid II yakni, I Mannaungi Daeng Parani yang artinya pemimpin yang senantiasia mengayomi dan melindungi masyarakat serta pemberani dalam melaksanakan tugas negara.

Kemudian dari Dewan Adat Saoraja memberikan gelar kehormatan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yakni La Pateddungi Daeng Pasampo yang artinya seorang pemimpin yang arif menaungi dan melindungi bangsa dan negara.

Kapolri dalam sambutannya menekankan pentingnya dedikasi dan inovasi dalam mendukung transformasi Polri.

“Teruslah memberikan pengabdian terbaik sebagaimana transformasi menuju Polri yang Presisi,” kata Jenderal Listyo, di Makassar Rabu 5 Juni 2024.

Sementara itu, Kabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran menjelaskan bahwa Rakernis Baharkam Polri tahun anggaran 2024 tahap kedua ini untuk mengevaluasi hasil rakernis pertama lalu.

“Rakenis kedua ini merupakan kesempatan bagi jajarannya untuk mengevaluasi dan mengukur hasil pelaksanaan tugas serta tindak lanjut dari Rakernis tahap pertama yang telah dilaksanakan sebelumnya,” kata Komjen Fadil.

Dengan berlangsungnya Rakernis ini, kata Fadil diharapkan Baharkam Polri semakin siap dan adaptif dalam mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, sejalan dengan visi dan misi Polri Presisi.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Baharkam Polri Presisi Yang Proaktif Dan Adaptif Siap Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan”.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi serta mengukur implementasi tugas-tugas Baharkam Polri. []