Jakarta, ERANASIONAL.COM – Presiden terpilih yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan rencana evakuasi sebanyak 1.000 warga Palestina di Gaza yang terdampak perang dengan Israel ke Rumah Sakit (RS) Indonesia di sana.

“Kita siap evakuasi. Tentunya yang di sana (Gaza) harus siap,” ujar Prabowo usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis 6 Juni 2024, dikutip dari Okezone.

Kata Prabowo, Presiden Jokowi menginstruksikan untuk bangun
Rumah Sakit dan mengirimkan tenaga kesehatan ke Gaza.

“Masalah Gaza saya lapor ke Presiden dan Presiden sangat mendukung, memberi instruksi kepada saya kita siap mengirim tenaga kesehatan,” jelas Prabowo.

Untuk membangun rumah sakit di Gaza kata Prabowo, Pemerintah Indonesia harus bisa bekerja sama dengan sejumlah negara di Timur Tengah, salah satunya Uni Emirate Arab (UEA).

“Kita bekerja sama dengan beberapa negara mitra kita terutama negara-negara Timur Tengah yang juga sudah mengoperasikakan rumah sakit di situ yaitu Uni Emirate Arab,” ucap Prabowo.

Jokowi menugaskan Prabowo berangkat ke Yordania untuk menghadiri KTT, bahas masalah Gaza.

“Saya ditugaskan untuk berangkat ke Yordan menghadiri KTT masalah Gaza dan beliau juga instruksi kepada saya untuk berusaha mampir dulu di arab saudi. jadi itu yang bisa saya sampaikan,” pungkasnya. []