Jakarta, ERANASIONAL.COM – Sebanyak 6.763 sedang jalani rawat jalan dikarenakan flu. Dari data  Kementerian Kesehatan per Kamis (6/6/2024) total jemaah yang menjalani rawat jalan ada 99.529. Dengan rincian sebanyak 37.046 dikarenakan flu dan batuk, 34.756 dikarenakan hipertensi (darah tinggi) dan 11.943 dikarenakan diabetes.

Ditempat terpisah, DR Dr Syarief Hasan Lutfie, SpKFR, MARS, AIFO–K yang merupakan Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI) mengatakan jenis-jenis penyakit yang menjangkit jemaah haji yang didominasi lansia sangat beragam.

“Karena banyak lansia, penyakit paling banyak kasus infeksi saluran napas, kasus kardiovaskular paling banyak, belum lagi di Indonesia, demensia terbanyak, ada lagi hipertensi dan diabetes juga terbanyak” ujar Syarief dalam media briefing PD IDI, Jumat (7/6/2024).

Selain itu, banyak jemaah haji yang mengalami kelelahan karena aktivitas yang banyak.

Syarief melanjutkan, dikarenakan kasus demensia tinggi. Diperlukan assesment sebelum berangkat bagi jemaah lansia.

“Ada assesment mendeteksi kasus demensia bahwa jemaah haji upaya bagaiamana pembinaa yaitu 3 bulan sblm pergi hipnoterapi, agar kasus demensia tidak parah sebelum pergi. Jika tidak dilakukan akan membuat dia tidak berangkat,” tutup dokter Syarief.