Jakarta, ERANASIONAL.COM – Mencuat kabar Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi dikabarkan bakal menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perdagangan.

Hal ini dibenarkan Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (AsSDM) Irjen Dedi Prasetyo.

“Iya,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Sabtu(8/6/2024).

Dedi berujar, saat ini Irjen Ahmad Luthfi masih menunggu proses tes potensi akademik (TPA). Kemudian, Keputusan Presiden (Kepres).

“Karena itu jabatan eselon 1, maka menunggu TPA dan Kepres dulu,” kata jenderal bintang dua itu.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku bakal mengusung Irjen Ahmad Luthfi sebagai calon Gubernur Jawa Tengah di Pilkada 2024. Namun, terlebih dahulu Luthfi bakal diangkat menjadi Irjen di Kemendag.

“Ya, jadi kami saya minta Jawa Tengah Pak Luthfi, nanti akan dibawa di rakorwil untuk diputuskan. Jadi PAN mendukung, mengusung, dan memenangkan Pak Ahmad Luthfi untuk Gubernur Jateng periode 2024-2029,” kata Zulhas dalam acara Rakolwil PAN Jateng di Semarang, Sabtu (8/6/2024).

Luthfi sedianya akan menghadiri acara ini, namun mendadak absen karena dipanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ke Jakarta.

Menurut Zulhas, kepemimpinan Luthfi sebagai Kapolda Jawa Tengah cukup sukses sehingga layak maju menjadi gubernur.

Zulhas sudah berkomunikasi dengan Luthfi terkait pencalonannya di Pilgub Jateng 2024. Zulhas bahkan menyebut, saat ini Luthfi dipersiapkan untuk menduduki posisi Irjen di Kementerian Perdagangan.

“(Luthfi pensiun dini), kan lagi proses untuk Irjen Kemendag sudah hampir selesai,” ungkap Zulhas.