Jakarta, ERANASIONAL.COM – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan mengumumkan bakal calon kepala daerah yang diusung partai Demokrat di Pilkada Serentak 2024 pada Selasa 11 Juni 2024 malam.

Menurut Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, AHY akan mengumumkan dan menyerahkan secara langsung surat rekomendasi kepada bakal calon kepala daerah dari DPP Partai Demokrat.

“Penyerahan surat rekomendasi akan diserahkan langsung oleh Ketum AHY kepada para calon, pada Selasa malam, 11 Juni 2024 di Kantor DPP Partai Demokrat,” kata Herzaky dalam keterangannya, Selasa, 11 Juni 2024.

Herzaky menegaska,n nama-nama yang dicalonkan pada pesta demokrasi nanti telah melalui proses dan mekanisme di internal Partai Demorkat.

Mereka diseleksi mulai dari tingkat daerah sampai dengan pusat.

“Alhamdulliah, semua proses telah dilalui dan telah diputuskan. Untuk nama-nama yang diusung nanti akan disampaikan langsung oleh Ketum AHY,” jelasnya dikutip dari Kompas TV.

Dia menambahkan, Partai Demokrat tndak menunjuk langsung nama-nama yang diusung, tapi Demokrat mendengar secara langsung aspirasi masyarakat didaerah melalui pengurus DPC maupun DPD.

“Insya Allah, calon yang diusung Demokrat putra putri terbaik yang bisa membawa perbaikan untuk masyarakat di daerah,” ujarnya.

Pilkada Serentak 2024 hanya diikuti 37 dari 38 provinsi, karena Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak melakukan pilkada langsung.

Diketahui, Yogyakarta memiliki peraturan istimewa yang hanya dimiliki oleh beberapa daerah lain di Indonesia.

Hal tersebut termaktub di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kemudian, dari 514 kabupaten/kota, hanya 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2024.

Sebab, ada enam kabupaten/kota administratif di DKI Jakarta yang tidak ada pilkada langsung. []