Jakarta, ERANASIONAL.COM – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap akan uji kelayakan dan kepatutan kepada Anies Baswedan sebelum diusung di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda.

“Desk Pilkada DPP menunggu setelah nanti surat masuk ada proses tahapan di dalamnya, ada UKK, uji kelayakan dan kepatutan, termasuk Mas Anies harus melampaui tahapannya juga. Karena tahapannya begitu. Jadi kita tidak ingin mengistimewakan siapapun,” tegas Huda di gedung DPR, Jakarta, Kamis 13 Juni 2024.

Hingga saat ini kata dia, pihaknya belum menerima surat rekomendasi untuk mengusung Anies dari DPW PKB di Pilkada Jakarta.

Sehingga DPP PKB belum bisa menjadwalkan waktu untuk Anies mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

“Biasanya kalau sudah surat diajukan oleh pihak DPW, kita akan proses selama dua hari dan nanti dipastikan selama dua hari itu, kapannya akan kami beritahukan kepada desk Pilkada DKI dan yang bersangkutan dalam hal ini Mas Anies,” ujarnya dikutip dari kompas TV.

Kata dia, sudah ada 3.000 orang yang mendaftar Uji Kelayakan dan Kepatutan untuk diusung PKB menjadi bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.

“Karena DKI baru mau mengusulkan, kira-kira Mas Anies peserta yang 3.000 sekian dari yang daftar ke PKB,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, DPW PKB DKI Jakarta resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

“PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal yaitu untuk mencalonkan 2024-2029 Pilkada Gubernur DKI Jakarta,” ujar Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas, Rabu 12 Juni 2024.

Ia menjelaskan alasan pihaknya mendukung Anies dalam pesta demokrasi nanti lantaran seluruh kader di Jakarta menyetujuinya.

“Saya sebagai ketua DPW PKB DKI Jakarta mendengar aspirasi dari tingkat ranting PAC, DPC, sampai tingkat DPW,” pungkasnya. []