Jakarta, ERANASIONAL.COM – Puncak pelaksanaan haji 1445 H sudah dimulai. Para jemaah memulai ibadah pada tanggal 8 Zulhijah atau Hari Tarwiyah, bertepatan dengan Jumat, 14 Juni.

Otoritas Arab Saudi melansir, haji diikuti lebih dari 1,5 juta jemaah dari penjuru dunia.

Prosesi haji pada tanggal 8 Zulhijah adalah bermalam di Mina, sekitar 7-10 km dari Kota Makkah, untuk beribadah di Hari Tarwiyah. Ibadah Hari Tarwiyah adalah sunah: dilaksanakan mendapat pahala, tidak dilaksanakan tidak berdosa.

Jemaah Indonesia yang diorganisasi oleh Kemenag tidak melaksanakan ibadah Hari Tarwiyah, melainkan langsung mengarah ke padang Arafah untuk persiapan wukuf pada 9 Zulhijah atau 15 Juni.

Wukuf atau berdiam diri di Arafah merupakan inti haji. Tanpa wukuf di Arafah, haji tidak sah. Jarak Kota Makkah ke Arafah 25-31 km.

Sementara itu, jemaah yang melaksanakan ibadah Hari Tarwiyah mulai keluar dari Kota Makkah pada Kamis (13/6) malam lalu disambung pada hari Jumat ini.

Mengutip Saudi Gazette, ratusan ribu jemaah, dengan pakaian ihram putih mulus, memulai perjalanan perlahan dan mantap menuju ke kota tenda Mina pada Kamis (13/6/2024).