Bandung, ERANASIONAL.COM – Saat ini PDI-P masih menyeleksi nama yang akan diusung pada Pilkada Jawa Barat (Jabar).

Hal itu disampaikan Politikus PDI-P, Aria Bima di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 4 Juli 2024.

Kata Aria, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam bursa Calon Gubernur Jawa Barat masuk radar.

“Nah kenapa ada penjaringan oleh PDI Perjuangan?. Dijaring ini kan mau dapat ikan tongkol, ikan wader atau ikan gurame kan dapatnya apa, tapi kan semua dari rakyat,” kata Aria Bima, dikutip Kompas TV.

PDIP, lanjut dia, ingin mengetahui kriteria pemimpin yang diidamkan oleh masyarakat di masing-masing wilayah.

“Kalau ada muncul nama Pak Sandi, kemudian Pak Andika Perkasa, ya itu seperti disampaikan oleh Mas Pacul, akibat kriteria-kriteria yang diinginkan masyarakat Jawa Tengah, Jawa Barat,” bebernya.

Dalam pengusungan kandidat calon yang sesuai dengan kehendak rakyat, kata Aria, PDIP siap menjalin kerja sama dengan partai politik lain.

Oleh sebab itu, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu, apakah Sandiaga adalah sosok yang diinginkan oleh masyarakat Jawa Barat untuk menjadi calon gubernur.

“PDI Perjuangan dalam hal ini, intinya terbuka terhadap semua partai politik dalam bekerja sama mengusung kandidat yang diinginkan masyarakat,” ucapnya.

“Supaya partisipasi besok itu betul-betul lahir dari masyarakat Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah,” sambung dia.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa melalui wakil ketua umumnya Jazilul Fawaid mengatakan, partainya tengah melirik Sandiaga Uno untuk dicalonkan pada Pilkada Jawa Barat.

“Untuk Jawa Barat PKB sudah mencari kader internal yang kemungkinan diusulkan bisa maju, seperti Pak Cucun, Pak Huda,” ujar Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa 2 Juli 2024 lalu.

“Tapi ada aspirasi juga seperti dari sebagian masyarakat Jawa Barat dan juga kader PKB untuk mengajak Pak Sandiaga Uno jadi calon gubernur Jawa Barat,” pungkasnya. []