“Saya meminta maaf kepada masyarakat dari pada orang yang memang mengalami langsung dan berkomunikasi langsung dengan anggota saya di lapangan. Ini merupakan suatu tindakan yang tidak terpuji oleh anggota kami dan tentunya saya sekali lagi meminta maaf atas kesalahan ini,” kata Latif kepada wartawan, Jumat (5/7/2024).

Latif menjelaskan, aksi pungli ini terjadi di KM 0+700 ruas Tol Halim pada Kamis (4/7) kemarin. Ada 3 polantas nakal yang berada di sana, mereka ialah Aipda A, Aiptu A, dan Brigadir A.

Latif memastikan akan memberikan sanksi tegas terhadap mereka.

“Langkah-langkah yang sudah kami lakukan tentunya saat ini tadi anggota sudah kami panggil sudah kami tarik dan kami akan proses,” ungkapnya.

“Ini anggota kami ada 3, yang berada di tempat tersebut. Tetapi yang melakukan ini memang satu. tapi memang suatu tidak saling mengingatkan sehingga tiga tiganya tetap kami lakukan penindakan,” tambah dia.

Eks Dirlantas Polda Jatim ini mengimbau kepada masyarakat yang menemukan adanya kenakalan dari polantas agar melaporkannya ke pihak berwajib.

Ia pun mewanti-wanti jajarannya agar tidak melakukan hal serupa.

“Tentunya kita sudah tidak akan henti-henti untuk mengingatkan, karena penilangan secara manual, khususnya di Jakarta, sudah kami sangat batasi. Penilangannya menggunakan ETLE. Jadi penilangan dilakukan untuk khusus manual itu yang betul-betul penyebab kecelakaan,” paparnya.