Jakarta, ERANASIONAL.COM – Mantan pegawai Bank Jago berinisial IA (33) ditangkap polisi usai membobol ratusan rekening yang telah diblokir.

Akibat kejadian tersebut, Bank Jago mengalami kerugian mencapai Rp 1,3 miliar.

“Penangkapan terhadap tersangka yang diduga melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan atau sistem elektronik milik orang lain,” kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, dalam keterangannya, Rabu (10/7/2024).

Diketahui, membobol ratusan rekening dengan cara memerintahkan bagian agent command center untuk mengajukan permintaan membuka blokir rekening. Kemudian, pelaku yang bekerja pada bagian contact center specialist menyetujui pengajuan tersebut.

Total, ada 112 rekening yang sudah disetujui oleh pelaku untuk dibuka blokirnya. Setelah rekening yang diblokir terbuka, pelaku memindahkan uang yang tersimpan di rekening tersebut ke rekening lain yang telah disiapkan.

Pelaku lalu ditangkap di wilayah Ciputat Timur, Tangerang Selatan, pada Kamis (4/7/2024). Saat ini, pelaku sudah ditahan di Polda Metro Jaya. Dalam kasus itu, polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti salah satunya ponsel yang dipakai oleh pelaku.

Uang itu digunakan oleh pelaku untuk membayar utang hingga main ke luar kota bersama keluarganya.

“Dana Rp 1,3 miliar tersebut digunakan untuk keperluan pribadi, membayar utang, dan jalan-jalan ke luar kota dengan keluarga,” kata Kombes Ade Safri Simanjuntak, ketika dikonfirmasi, Rabu (10/7/2024).

Dengan demikian, menurut Ade, motif pelaku melakukan aksinya itu yakni untuk memenuhi kebutuhan ekonomi belaka. Ade belum menyebut ada atau tidaknya pelaku lain yang turut membantu pelaku dalam melakukan aksinya.

“Sedangkan untuk motif pelaku lebih ke motif ekonomi,” pungkas dia.