“Pengabdian kepada bangsa negara ini di mana saja kalau saya. Kalau di Jabar lebih mudah, sudah pengalaman, hasil surveinya juga bagus. Kalau dibutuhkan di Jakarta juga tidak ada masalah,” tuturnya.

Jika nantinya Partai Golkar menugasi dirinya untuk maju di Pilkada Jawa Barat, Kang Emil menyebut akan melanjutkan hal yang belum selesai.

“Ada yang sudah selesai, ada yang setengah matang, ada hal baru. Pembangunan itu enggak pernah berhenti,” ujarnya.

Sebelumnya, Partai Golkar menyiapkan kader internal, yakni Jusuf Hamka sebagai pasangan Kaesang, bila putra bungsu Presiden Joko Widodo itu memutuskan maju pada pilkada Jakarta 2024.

“Untuk mendukung Kaesang, seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah malang melintang di infrastruktur, yaitu Babah Alun,” kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis 11 Juli 2024.

Meski demikian, ia mengakui masih banyak waktu untuk membahas wacana tersebut karena pendaftaran dimulai pada 27-29 Agustus 2024

Pihaknya pun tidak akan terburu-buru, dan akan menggunakan survei sebagai basis, dan akan dibicarakan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Masih ada waktu dua bulan, tetapi apabila kesempatan itu ada, dan Kaesang siap untuk maju, Partai Golkar akan mendukung,” ujarnya. []