Jakarta, ERANASIONAL.COM – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan alasan menunjuk keponakan Prabowo, yakni Thomas Djiwandono menjadi Wamenkeu.

Kata Sri Mulyani, masuknya Thomas Djiwandono disebut akan semakin mempermudah Kemenkeu dalam berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tim transisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sri Mulyani berharap, Thomas Djiwandono bisa membuat proses transisi pemerintahan bisa berjalan dengan lancar.

Sri Mulyani juga membantah jika masuknya Thomas Djiwandono pertanda komunikasi selama ini tidak lancar.

“Tentu dengan masuknya mas Thomas di sini akan membuat seluruh komunikasinya menjadi mudah, kalau kemarin itu kita biasanya mengundang tadi sekaligus menanyakan apakah maksud masuknya mas Thomas ini karena kita tidak ada hubungan yang bagus? nggak, justru karena selama ini bagus namun dengan adanya di dalam kan nggak perlu harus adanya pertemuan khusus karena mas Thomas ada di sini,” jelas Sri Mulyani, dikutip Jumat 19 Juli 2024.

Setelah dilantik, Sri Mulyani berharap Thomas Djiwandono akan langsung bekerja bersama pejabat lainnya untuk menjalankan tugas negara

“Pak Thomas Djiwandono ini sebagai Wamenkeu akan bekerja sama dengan Wamenkeu yang sekarang pak Suahasil Nazara dan seluruh pejabat eselon I untuk bisa menjalankan tugas mengelola negara,” jelas Sri Mulyani.

Adapun tugas negara tersebut, lanjut Menkeu, adalah menjalankan tugas sebagai bendahara negara bersama dan terus menggunakan instrumen keuangan negara untuk bisa merespons dinamika perekonomian global dan nasional yang akan terus meningkat.

“Kita harus mampu untuk memitigasi risiko dari berbagai dinamika tersebut, supaya kita bisa tetap menjaga stabilitas ekonomi, menjaga dan memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi dan sekaligus untuk menjaga instrumen fiskal atau APBN agar terus sehat berkelanjutan,” tegas Menkeu. []